apakah hp baru harus di cas dulu

Apakah HP Baru Harus di Cas Dulu Sebelum Di Gunakan?

Diposting pada

Helobray Banyak dari kita setelah membeli hp baru memiliki pertanyaan apakah hp baru harus di cas dulu? Selain itu kita juga pasti sering mendengar saran bahwa hp baru harus di cas 8 jam sebelum di gunakan. Apakah benar seperti itu faktanya atau tidak?

Disini kami akan memberikan penjelasan ringkas tentang jawaban dari pertanyaan apakah hp baru harus di cas dulu sebelum di gunakan.

Apakah HP Baru Harus Di Cas Dulu 8 Jam Sebelum Di gunakan?

Pastinya kamu pernah mendengar saran dari orang tua, teman atau mungkin juga media tentang hal ini. Jawabannya benar, hp baru harus di cas dulu 8 jam sebelum di gunakan. Tetapi itu berlaku untuk ponsel sebelum adanya smartphone canggih seperti sekarang ini.

Dahulu produsen dan sales HP pastinya akan menyarankan orang yang membeli hp baru untuk melakukan hal ini. Karena dengan melakukan cas hp baru selama 8 jam, ini dapat meningkatkan daya baterai agar lebih awet dan tidak cepat habis dayanya.

Berbeda dengan HP jaman sekarang, atau yang biasa kita kenal dengan nama smartphone. Jadi ketika kita membeli HP baru saat ini kita tidak perlu melakukan cas hp sampai 8 jam ya!

Mengapa HP Baru Harus di Cas Dulu?

apakah hp baru harus di cas dulu (2)

Pertanyaan ini adalah untuk penjelasan tentang hp jadul ya!

HP baru harus di cas terlebih dahulu karena pada saat itu hp keluaran tahun 2000an kebanyakan masih menggunakan jenis baterai NiMH dan NICD.

Kedua jenis baterai ini memang perlu untuk di cas atau charge dalam waktu yang lama agar kita dapat menambahkan daya tahan baterai menjadi lebih awet.

Jika kamu pernah menggunakan hp tahun 2000an pastinya pernah merasakan menggunakan hp yang baterainya sangat awet sampai berhari-hari dan tidak cepat habis.

Jadi Apakah HP Keluaran Terbaru Saat Ini Masih Harus Di Cas Dulu 8 Jam?

Untuk hp keluaran terbaru saat ini, kita tidak perlu melakukan cas selama 8 jam sebelum pertama kali hp tersebut kita di gunakan.

Karena baterai hp keluaran terbaru saat ini sudah menggunakan baterai dengan jenis lithium atau biasa kita kenal dengan baterai Li-Ion ( Lithium Ion ) dan Li-Po ( Lithium Ion Polymer ).

Kedua jenis baterai ini tidak perlu kita cas dengan waktu yang lama saat pertama kali kita gunakan setelah baru membelinya.

Malah yang terbaik adalah dengan mencabut cas ketika baterai sudah penuh, sehingga ini dapat mencegah terjadinya overcharge. Karena jika kita sering melakukan overcharge malah bisa mempercepat kerusakan baterai.

Walaupun saat ini sudah banyak hp terbaru yang memiliki fitur auto discharge atau auto cut off. Tetapi lebih baik kita mencabut cas hp ketika baterai sudah terisi penuh, untuk berjaga-jaga agar baterai hp bisa lebih awet dan tahan lama.

Kesimpulan

Jadi kesimpulannya apakah hp baru harus di cas dulu? Jawabannya tidak perlu. Saran tentang hp baru harus di cas 8 jam sebelum di gunakan hanya berlaku untuk hp jadul yang keluar di tahun 2000an yang masih menggunakan jenis baterai NiMH dan NICD.

Jadi untuk smartphone atau hp baru keluaran terbaru saat ini yang sudah menggunakan baterai Li-Ion ( Lithium Ion ) dan Li-Po ( Lithium Ion Polymer ) sudah tidak perlu mengecasnya terlebih dahulu saat pertama kita membelinya.

Karena terkadang dari pabrikan setelah kita unboxing, hp baru tersebut sudah terisi baterainya. Dan kita cukup melakukan pengecasan pertama kali setelah baterai tersebut hampir habis sekitar 25% sampai 30%.

Gambar Gravatar
Helobray, perkenalkan nama saya Masykur Hasyim biasa dipanggil Acim. Saya merupakan seorang desain grafis & SEO yang masih amatir. semoga artikel yang saya tulis dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.