Tari Hiburan, Pengertian, Fungsi, Ciri-Ciri dan Keunikannya

Helobray Tari hiburan adalah salah satu karya seni gerak sebagai perwujudan dari kebudayaan suatu daerah. Mungkin, bagi beberapa orang sudah tidak asing lagi dengan sebutan tari yang satu ini. Bahkan, mereka juga sering menjumpainya dalam kehidupan sehari-hari. Tidak mungkin apabila memang demikian.

Dalam buku telaah teoritis seni tari tahun 1994 M. Jazuli menjelaskan, Tari itu memiliki empat fungsi bagi masyarakat. Ada tari yang berfungsi sebagai upacara, hiburan, pendidikan, dan pertunjukan. Meskipun begitu, masih banyak masyarakat yang tidak memahami tentang pembagian tari tersebut. Mereka menganggap, adanya pergelaran Tari itu hanya sebagai sarana hiburan saja.

Indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan keragaman. Salah satunya adalah kebudayaan. Tari, merupakan salah satu kekayaan Indonesia. Adanya tarian-tarian tersebut, membuat orang lain mengenal Indonesia atau merupakan salah satu simbol dari Nusantara.

Apa Itu Tari Hiburan?

Karena tidak semua orang mengetahui pengertian dari tari hiburan tersebut, untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan kita, tidak ada salahnya apabila kita juga mengetahui pengertian dari istilah tersebut.

Perlu Anda ketahui, tari hiburan itu merupakan tarian yang memiliki tujuan untuk menghibur para penonton. Bentuknya juga beragam. Akan tetapi pada intinya, tarian tersebut adalah ekspresi kegembiraan dari seseorang yang melibatkan penari saat menarikannya. Gerakan dari penari tersebut juga tidak sengaja dibuat, akan tetapi benar-benar terlahir dari perasaan.

Gerakan dari tari hiburan sendiri, biasanya muncul dari perasaan senang, kebahagiaan, kegembiraan serta hasrat. Jadi, bisa kita simpulkan bahwa semua gerakan itu adalah spontan. Namun, gerakan yang berirama tersebut mempunyai tujuan guna menghibur hati para penarinya sendiri.

Ciri-Ciri Tarian Hiburan

Supaya kita mengetahui, apakah tarian tersebut merupakan tarian hiburan, bisa kita lihat beri ciri-cirinya. Dengan adanya ciri-ciri tersebut, suka membantu kita untuk lebih mudah membedakan tarian yang mana yang memiliki fungsi sebagai hiburan, upacara, maupun pendidikan.

Umumnya, tarian ini tidak mempunyai aturan baku. Baik dari struktur penyajiannya maupun koreografi. Kemudian, antara penari dan penonton itu terjadi interaksi. Paling penting lagi, gerakannya juga bergantung pada mood dari penarinya. Tambah lagi, yang penting penarinya itu gembira serta gerakannya sederhana.

Biasanya juga, tari hiburan akan dilakukan secara berpasangan ataupun kelompok. Tidak hanya gerakannya saja yang sederhana, akan tetapi juga alat musiknya. Meskipun sederhana, akan tetapi iramanya sekolah mengundang banyak orang untuk ikut bergerak. Penyajian dari tari Hiburan ini juga pada arena yang terbuka.

Fungsi Penyajian Tari

Sama seperti halnya dengan nama jenis tarian yang satu ini. Tarian hiburan mempunyai fungsi utama untuk menghibur para penonton. Persamaan kata dari tarian yang satu ini adalah social dance. Seperti penjelasan pada bagian sebelumnya, tema untuk tarian ini biasanya berupa ungkapan rasa kegembiraan. Oleh sebab itu, tidak heran apabila penontonnya juga ikut menari.

Sebagai contoh tari hiburan ini, adalah tari tayub. Merupakan salah satu tarian yang berasal dari Jawa Tengah. Nama penari dari tarian yang satu ini sangatlah unik. Untuk penari wanitanya, disebut dengan ledek. Sedangkan untuk penari laki-laki adalah pengibing.

Pertunjukan dari tari hiburan ini, biasanya setelah panen. Salah satu penyebab biang menjadikan tayub sebagai tari hiburan adalah, pasalnya di dalamnya terdapat pembauran antara penari wanita dan laki-laki. Selain itu, penonton nantinya juga akan diajak menari. Bukankah hal tersebut, juga sesuai dengan ciri-ciri tari hiburan?

Tidak hanya tari tayub saja, akan tetapi juga ada tari giring-giring yang berasal dari Kalimantan, Serampang Dua Belas dari Sumatera serta tari maengket yang berasal dari Sulawesi, juga termasuk dalam tari hiburan.

Berbeda dengan kostum tari hiburan untuk yang tinggal di daerah agraris, bercocok tanam, pertanian maupun perkebunan. Karena mereka dipengaruhi oleh kaum feodal yang membuat rakyat itu harus mengikuti semua permintaan serta mematuhinya. Sehingga, tari hiburannya juga cenderung erotis.

Sedangkan busananya sendiri, mereka menggunakan cara berpakaian dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya saja baju kebaya lengan panjang, atasan yang sebatas dada kain yang dililit semata kaki dan yang sejenisnya.

Keunikan Busana yang Digunakan

Sebagai hiburan, tarian ini juga akan menunjukkan ciri khasnya. Salah satunya adalah pada penggunaan kostum serta alat pengiringnya. Misalnya saja orang-orang pantai yang mempunyai profesi sebagai nelayan. Mereka biasanya menggunakan kostum yang berwarna cerah serta terang.

Tentunya hal tersebut juga mempunyai kaitan dengan kehidupan mereka. Karakternya juga sangat keras, volume dari nada bicaranya juga tinggi. Hal yang demikian itu disebabkan karena, mereka juga harus bersaing dengan suara deburan ombak. Walaupun begitu, hal itu bukan menjadi penghalang rasa kekeluargaan mereka.

Kostum hiburan yang biasa mereka gunakan adalah kostum yang berwarna-warni, tapi mempunyai desain yang sederhana. Misalnya saja, baju kebaya, hiasan kepala, penutup kepala, tugas selendang. Selendang tersebut bukan hanya sebagai kostum saja, melainkan juga menjadi alat guna menarik penonton supaya ikut menari bersama.

Nah, semoga penjelasan mengenai tari hiburan tersebut, menjadi dan menambahkan wawasan serta ilmu pengetahuan kita, tentang uniknya Indonesia yang kaya raya ini.

Terima kasih dan sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Feature image by @irfanmuhamaddd

Acim

Helobray, perkenalkan nama saya Masykur Hasyim biasa dipanggil Acim. Saya merupakan seorang desain grafis & SEO yang masih amatir. semoga artikel yang saya tulis dapat bermanfaat dan menambah wawasan Anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *