Hal Penting yang Perlu Diketahui Tentang Teknologi NFC

Hellobray.com – Apa saja hal penting yang perlu diketahui tentang teknologi NFC?, Di zaman yang semakin modern ini NFC sudah banyak terintegrasi di banyak perangkat digital, NFC itu sendiri adalah teknologi yang semakin popular, karena telah menjadi standar dalam komunikasi. Namun, akuisisi yang mudah ini tetap menjadi misteri bagi banyak orang dan potensi penuhnya belum dieksplorasi.

Apa itu NFC dan bagaimana cara kerjanya?

Teknologi NFC, atau Near-Field Communication, adalah teknologi yang memberikan kemudahan berbagi informasi tanpa kontak antara perangkat berbeda yang mendukungnya melalui tag digital. Biasanya, ini digunakan untuk melakukan pembayaran dan mengidentifikasi atau bertukar data. Paling sering, salah satu perangkat yang terlibat dalam pertukaran data adalah smartphone.

Jenis teknologi ini berarti “komunikasi dalam jarak dekat”. Dengan kata lain, ini adalah teknologi yang memungkinkan perangkat digital yang berbeda untuk bertukar informasi ketika ditempatkan berdampingan. Berasal dari teknologi Radio Frequency Identification (RFID) yang biasanya dilengkapi dengan kartu akses magnetik, NFC memiliki potensi yang hampir tak terbatas.

Ini memungkinkan smartphone, tablet, dan bahkan laptop untuk berbagi data, foto, musik, dan lainnya dengan mudah. Tetapi teknologi nirkabel ini bahkan melangkah lebih jauh. Ini membatasi pertukaran data dalam batas sekitar 4 sentimeter. Oleh karena itu, kami menganggap NFC sebagai alternatif pembayaran yang jauh lebih andal daripada kartu kredit atau debit.

Ini adalah salah satu keuntungan utama dari Near Field Communication dalam hal keamanan, membuatnya sangat umum saat memproses pembayaran nirsentuh. Ada baiknya untuk menyebutkan bahwa pembayaran EMV dan NFC adalah dua hal yang terpisah .

Apa itu Tag NFC?

Juga disebut tag pintar atau informasi, tag NFC memiliki sejumlah memori, dipasangkan dengan chip radio dan kabel penerima. Tag Near-Field Communication tidak memiliki sumber listrik karena mengumpulkan energi dari perangkat pembaca. Misalnya, saat Anda memegang tag di sebelah pembaca kartu, chip sedang diberi daya saat kedua perangkat mentransfer informasi.

Anda dapat menggunakan tag NFC saat Anda membutuhkan transfer data digital yang cepat dan tempat paling umum untuk menemukan tag tersebut adalah perangkat pintar. Tag Near Field Communication memungkinkan ponsel cerdas melakukan pembayaran melalui satu ketukan atau kursor. Mengenai kegunaan yang diharapkan untuk itu, saat ini tidak ada batasan yang ditetapkan.

Apa Saja Hal Penting yang Perlu Diketahui Tentang Teknologi NFC?

Melakukan Pembayaran Melalui Telepon dengan NFC

Tampaknya NFC adalah tambahan yang tidak perlu untuk sebagian besar ponsel modern, tetapi ini diperlukan untuk pertukaran data dan terutama pembayaran tanpa kontak. Saat membayar dengan ponsel, Near-Field Communication memainkan peran penting. NFC berfungsi sebagai mediator untuk komunikasi tanpa kontak antara dua perangkat digital seperti laptop, smartphone, ponsel, atau tablet.

Ini paling sering digunakan untuk melakukan pembayaran tanpa kontak, mirip dengan pembayaran dengan kartu kredit atau debit. Keuntungan besar dari NFC dibandingkan pembayaran kartu, bagaimanapun, adalah keamanan yang ditingkatkan secara signifikan yang ditawarkannya. Selain itu, teknologi ini memberikan fasilitas lainnya.

Misalnya, tidak seperti Bluetooth, tidak memerlukan pengaturan manual atau waktu tunggu perangkat untuk dideteksi dan dipasangkan sebelum dapat bertukar informasi. Dengan Near-Field Communication, kedua perangkat terhubung dengan cepat, memproses secara otomatis setiap pertukaran data saat jaraknya 4 cm atau kurang dari satu sama lain.

Ketika semua kondisi terpenuhi, perangkat mentransfer informasi dan meminta pengguna untuk melakukan beberapa tindakan seperti pembayaran tanpa kontak pada pembaca kartu . Sayangnya, hal-hal bisa menjadi sedikit rumit di sini karena tidak semua mesin kartu kredit dilengkapi dengan teknologi NFC. Sebagai teknologi, yang dikembangkan dalam beberapa tahun terakhir.

Hal ini hanya tersedia dalam model terminal pembayaran yang lebih baru misalnya, yang ditawarkan oleh myPOS. Oleh karena itu, sebelum Anda mencoba melakukan pembayaran nirsentuh, pastikan kedua perangkat yang Anda gunakan mendukung Near-Field Communication. Tahukah Anda bahwa Anda dapat menggunakan ponsel cerdas Anda sebagai pembaca kartu?

Yang diperlukan hanyalah, dan Anda mungkin dapat menebaknya, bahwa perangkat Anda memiliki chip NFC terintegrasi. Menggunakan aplikasi POS lunak dan hal yang perlu di lakukan hanyalah memasukkan jumlah dan mengarahkan kartu kredit atau debit yang mendukung pembayaran tanpa kontak.

Melakukan Pembayaran Tanpa Kontak dengan NFC

Selain perangkat pemroses pembayaran, pembayaran nirsentuh dengan NFC mengharuskan Anda memiliki dua hal berikut:

  • Dompet seluler
  • Dan telepon yang dilengkapi dengan chip Near-Field Communication
  • Mari kita lihat masing-masing dari dua prasyarat ini secara terpisah.

Baca Juga: Review Poco X3 GT 5G Hadir dengan Berbagai Fitur Unggulan

Seperti apa Hal Penting yang Perlu Diketahui Tentang Teknologi NFC?

Ponsel Dilengkapi dengan NFC

Tentu saja, Anda tidak dapat melakukan pembayaran nirsentuh jika Anda tidak membawa kartu nirsentuh, smartphone, atau jam tangan pintar. Namun, perlu diingat bahwa sayangnya tidak semua ponsel cerdas memiliki chip NFC bawaan, jadi sebelum Anda memulai transaksi seperti itu, periksa dulu apakah perangkat pintar Anda memilikinya.

Potensi Chip NFC

Masa depan NFC terlihat menjanjikan dan teknologi ini diterima secara luas di semakin banyak perangkat digital. Chip tersebut murah dan mudah diproduksi dan disematkan dalam tag. Semua ini selanjutnya berkontribusi pada tingginya permintaan untuk Near-Field Communication.

Kami juga menggunakan Komunikasi Jarak Dekat untuk tujuan selain pembayaran dan berbagi file seperti mendistribusikan materi informasi selama konferensi, prakiraan cuaca, pemberitahuan media sosial, dan bahkan menemukan kafe, restoran, pompa bensin, dan apotek lokal.

Ukuran chip NFC yang kecil memungkinkan mereka untuk dipasang di banyak tempat dan di banyak produk. Selain itu, mereka dapat diprogram untuk melakukan sejumlah tugas. Itulah mengapa teknologi ini pasti akan menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari.

Keamanan dengan Pembayaran NFC

Seperti semua jenis pembayaran, pembayaran NFC mematuhi persyaratan keamanan dan keselamatan yang paling ketat. Hampir semua pengembang dompet seluler menggunakan teknologi keamanan mutakhir, termasuk enkripsi dan tokenisasi. Hal ini membuat penggunaan metode pembayaran digital lebih aman. Ingatlah bahwa kehilangan perangkat pintar Anda dapat menyebabkan masalah yang lebih serius, terutama jika dompet ponsel Anda memiliki kata sandi yang lemah.

Apakah NFC Berbahaya?

Menurut para ahli, NFC pada dasarnya aman karena jangkauannya yang sangat pendek. Untuk menangkap sinyal Near Field Communication Anda, seorang peretas harus tetap dekat dengan Anda, dan kecuali jika itu adalah anggota keluarga atau teman Anda, kemungkinan Anda akan memperhatikan jika ada seseorang yang lusuh. Anda dapat mengaktifkan dan menonaktifkan NFC pada ponsel cerdas Anda kapan pun Anda perlu menggunakannya, misalnya, saat membayar di restoran atau di toko.

Ada beberapa risiko yang terkait dengan tag pintar, misalnya, peretas dapat memodifikasi tag dengan memecahkan enkripsi. Itu dapat menyebabkan transfer data pribadi ke perangkat yang tidak sah setiap kali chip Near-Field Communication dan telepon Anda bertukar informasi. Itulah sedikit ulasan dari helobray.com mengenai hal penting yang perlu diketahui tentang Teknologi NFC, semoga bermanfaat!.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *