baterai laptop cepat habis

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis

Diposting pada

Helobray – Baterai laptop cepat habis menjadi masalah yang banyak dialami pengguna setelah menggunakan laptop dalam waktu yang cukup lama.

Penggunaan dalam waktu yang sudah lama ini terkadang membuat baterai laptop kualitasnya sudah tidak sebaik waktu pertama kita membelinya.

Lalu apa sebenarnya penyebab baterai laptop cepat habis? Dan bagaimana cara mengatasi baterai laptop yang cepat habis?

Penyebab dan Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis

Jika kamu ingin mengetahui jawaban penyebab dan cara mengatasinya agar baterai laptop yang kamu gunakan tidak cepat habis. Maka tips dan saran perbaikan baterai laptop berikut ini tidak boleh kamu lewatkan.

1. Layar Laptop Terlalu Terang

Jika kamu sering menggunakan laptop dengan pengaturan layar yang terlalu terang, maka hal ini dapat membuat daya baterai lebih cepat habis.

Maka sebaiknya kamu jangan biasakan menggunakan laptop dengan kecerahan layar yang terlalu tinggi. Jadi saat menggunakan laptop atur kecerahan layar ke tingkat sedang. Ini dapat membantu kamu untuk mengatasi baterai laptop agar tidak cepat habis dan layar tidak terlalu menyilaukan.

2. Lampu Keyboard Laptop

Walaupun tidak mengkonsumsi daya yang tinggi, menyalakan lampu keyboard laptop dalam waktu yang lama juga dapat menyebabkan daya baterai laptop cepat berkurang.

Karena itu, sebaiknya kamu hanya menggunakan lampu keyboard laptop saat diperlukan saja. Terutama saat kamu menggunakan laptop di lingkungan yang minim cahaya. Sehingga dengan cara ini kamu dapat lebih menghemat daya baterai.

3. Mematikan Konektivitas Wifi, Bluetooth, dan Koneksi Periferal Lainnya Yang Tidak Digunakan

Mengkoneksikan wifi, bluetooth, dan koneksi periferal seperti mouse dan keyboard wireless serta, hard drive eksternal juga dapat menghabiskan banyak daya baterai laptop. Karena sistem pada laptop harus bekerja sehingga menyebabkan banyak energi baterai yang digunakan untuk mempertahankan koneksi.

Karena itu, jika kamu sudah tidak membutuhkan konektivitas tersebut, kamu harus menonaktifkannya.

4. Hardisk Yang Terfragmentasi

Setiap kamu ingin mengakses sebuah data, harddisk akan terus bekerja lebih banyak dan lebih cepat untuk menemukan data yang perlu kamu gunakan.

Harddisk akan membaca seluruh isi harddisk sehingga membuat harddisk membaca dan beroperasi dengan kapasitas yang besar. Sehingga hal ini dapat menyebabkan daya baterai laptop terkuras lebih cepat.

Karena itu daya yang terfragmentasi di banyak tempat di harddisk juga bisa menjadi penyebab cepatnya baterai laptop habis.

Untuk mengatasinya, kamu bisa menjalankan mode defragmentasi dengan masuk ke menu start, kemudian pilih Accessories, pilih System Tool dan terakhir pilih Disk Defragment.

5. Membiarkan Terlalu Banyak Aplikasi Berjalan di Latar Belakang

Ketika kita membiarkan terlalu banyak aplikasi atau software yang berjalan di latar belakang, ini juga dapat menyebabkan daya baterai cepat habis.

Bahkan ketika kamu tidak menggunakan laptop untuk melakukan kegiatan apapun, aplikasi di latar belakang ini juga membuat CPU akan terus bekerja. Sehingga hal ini dapat menyebabkan cepatnya baterai laptop habis.

Karena itu, kamu harus mematikan software yang berjalan di latar belakang ketika kamu tidak menggunakannya. Sehingga kamu dapat menghemat daya baterai lebih lama.

6. Menjalankan Perangkat Lunak dari CD/DVD

Kita tahu bahwa pengoperasi harddisk sudah memakan daya baterai, ditambah lagi ketika kita terbiasa menjalankan perangkat lunak langsung dari CD/DVD. Hal ini juga dapat menambah beban baterai jadi lebih banyak mengkonsumsi daya baterai.

Jadi jika kamu memiliki kebiasaan menjalankan software langsung dari drive CD/DVD karena tidak ingin menginstalnya. Sebaiknya pertimbangkan lagi jika kamu tidak ingin laptop baterainya cepat habis.

Helobray – Jadi itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi baterai laptop cepat habis yang bisa kamu ketahui.

Tetapi jika ternyata setelah kamu menerapkan beberapa solusi di atas baterai masih cepat habis, kemungkinan kualitas baterai kamu gunakan sudah tidak bagus atau rusak.

Jadi solusi terbaik yang bisa kamu lakukan adalah mengganti baterai laptop tersebut dengan yang baru.

Helobray, gue Satrio Ariwibowo biasa orang manggil stev, gue ga hobby nulis cuman pengen tau aja dengan cara belajar nulis artikel. Tapi kaya nya seru juga. sekian thanks!