cara-mengatasi-aplikasi-yang-keluar-sendiri

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri (Force Close) di Android

Diposting pada

Helobray.com – Semua user smartphone android pasti pernah mengalami aplikasi yang keluar sendiri atau force close ketika membuka aplikasi. Bagaimana Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri? Masalah seperti ini bagi sebagian pengguna mungkin membuat bingung dan panic, tetapi untuk masalah force close dapat diatasi dengan berbagai cara.

Masalah sepeti ini sangat menjengkelkan karena kita harus terpaksa menekan tombol ‘OK” dan aplikasi langsung tertutup, jika anda pernah mengalaminya solusinya sangatlah mudah.

Disini Helobray.com akan membagikan sedikit tips cara mengatasi aplikasi keluar sendiri atau force close di android. Sebelum lanjut ke tipsnya lebih baik anda mengetahui penyebab terjadinya masalah tersebut.

Penyebab Aplikasi Keluar Sendiri (Force Close) di Android

Berikut ini merupakan hal yang menyebabkan terjadinya force close di android:

Aplikasi Android yang Bermasalah

Yang pertama salah satu penyebab aplikasi keluar sendiri atau force close adalah bisa dari aplikasi itu sendiri, bisa jadi aplikasi tersebut memiliki banyak “bug” yang mengakibatkan kurang optimalnya pada aplikasi tersebut saat dijalankan dan ini sangat mengganggu bagi pengguna.

Apabila ini ternyata penyebabkan, solusinya adalah melakukan update pada aplikasi tersebut ke versi yang terbaru. Jika setelah kita cek ternyata belum ada update versi terbaru di aplikasi, lebih baik Anda tidak menggunakannya atau bisa langsung menghapusnya.

File Cache Pada Android yang Menumpuk

Penyebab kedua aplikasi keluar sendiri atau force close adalah terdapat banyaknya file cache atau file sampah yang sudah tidak terpakai menumpuk dan menyebabkan force close pada aplikasi tersebut. Untuk mengatasi hal tersebut sangat disarankan mengecek dan membersihkan cache secara rutin pada smarphone android Anda supaya tidak ada file sampah yang menumpuk dan menggangu kinerja ponsel.

RAM Pada Android Kepenuhan  

Penyebab ketiga aplikasi keluar sendiri atau force close adalah karena RAM pada android yang penuh. Ini terjadi ketika kita memaksakan smartphone android Anda yang mempunyai RAM kecil membuka atau menjalankan banyak aplikasi, besar kemungkinan aplikasi yang anda jalankan akan mengalami force close.

Semakin banyaknya aplikasi yang dijalankan pada smartphone android Anda, ini akan membuat RAM tidak bisa memproses dan menampung semua aplikasi yang dibuka.

Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri (Force Close) di Android?

Jika saat ini Anda mengalami masalah seperti ini, tidak perlu khawatir karena hal tersebut ada banyak solusinya. Bagaimana cara mengatasi force  close tersebut? Yuk Langsung simak cara mengatasi force close dibawah ini.

Disclaimer: tips yang Helobray.com bagikan pada artikel ini menggunakan smartphone Realme, tetapi jangan khawatir jika Anda menggunakan smartphone lain karena untuk pengaturannya tidak jauh berbeda jika diterapkan pada smartphone lain.

1. Clear Data Serta Cache Pada Aplikasi

  • Langkah pertama yang dilakukan jika terjadi force close adalah masuk ke menu “Settings”.
  • Kedua kita pilih menu “ App Management”.
Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri 1
  • Ketiga kita pilih menu “App List”.
Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri 2
  • Kempat pilih Aplikasi yang mengalami force close.
Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri 3
  • Kelima, Setelah terbuka App info, pilih “Storage Usage”.
Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri 4
  • Keenam tinggal menekan tombol “ Clear Data” dan “Clear Cache” untuk menghapusnya, tetapi perlu diingat jika Anda menekan kedua tombol  tersebut, otomatis semua data pada aplikadi tersebut akan terhapus. Sebaiknya Anda melakukan back up sebelum melakukannya.
Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri 5

2.Reebot Smartphone

Cara selanjutnya ini sangatlah mudah dilakukan, ketika mengalami force close Anda tinggal melakukan reboot atau restart smartphone. Dengan melakukan reebot atau restart, smartphone Anda akan segar kembali.

3.Melakukan Update Sistem Operasi Smartphone

Cara selanjutnya jika mengalami force close adalah Anda bisa melakukan update sistem operasi pada smartphone android tersebut. Untuk update sitem operasi ini pastinya memperbaiki bug yang ada pada smartphone serta melakukan pembaruan agar smartphone bisa berjalan dengan maksimal.

Selalu cek update yang tersedia pada smartphone Anda, jika tersedia jangan ragu untuk melakukan update. Apabila ingin mengecek langkahnya tinggal masuk ke menu “ Setting => Software Update ”.

4. Melakukan Update Aplikasi ke Versi Terbaru

Cara berikutnya dengan mengupdate aplikasi versi terbaru, force close pada aplikasi mungkin karena masalah aplikasi yang sudah lama dan belum terupdate, tidak ada salahnya untuk mengecek aplikasi tersebut dan melakukan update ke versi terbarunya.

Setelah aplikasi sudah melakukan update, kemungkinan besar bug yang berada aplikasi lama akan diperbaiki secara otomatis dan tidak akan mengalami lagi force close pada saat membuka aplikasi tersebut.

5. Menghapus dan Install Ulang Aplikasi

Cara selanjutnya yaitu dengan mencoba menghapus dan menginstall ulang aplikasi pada smartphone android Anda. Tetapi jangan ragu untuk melakukan cara ini karena setelah aplikasi terhapus Anda bisa memasang kembali melalui Google Play Store.

Setelah melakukan hapus dan install ulang aplikasi diharapkan dapat membuat aplikasi tersebut bisa berjalan dengan lancer.

6. Melakukan Factorty Reset

Cara yang terkahir adalah melakukan factory reset jika cara – cara diatas tidak bisa. Tetapi untuk melakukan cara ini Anda harus melakukan back up terlebih dahulu karena factory reset adalah menghapus semua data pada smartphone dan akan kosong seperti saat baru membuka smartphone saat membeli. Berikut cara untuk melakukan factory reset:

  • Langkah pertama yang dilakukan jika terjadi force close adalah masuk ke menu “Settings”.
  • Kemudian pilih menu “ Additional Setting ”.
Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri 6
  • Kemudian pilih menu “ Back up and reset ”.
Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri 7
  • Selanjutnya pilih menu “ Erase all, data (factory reset ”, tetapi sebelum melakukan factory reset ada baiknya untuk memback up semua data pada smartphone tersebut.
Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri 8
  • pilih menu “ Erase all data”
Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri 9
  • Selanjutnya pilih menu “ Erase data”.
Cara Mengatasi Aplikasi Keluar Sendiri 10

Apabila setelah melakukan berbagai cara diatas belum berhasil juga, mungkin sudah saatnya untuk mengganti smartphone dengan yang baru.

Demikian sedikit tips dari helobray.com cara mengatasi aplikasi keluar sendiri (force close) di android, semoga bisa membatu Anda dalam mengatasi hal tersebut. Selamat mencobanya dan semoga berhasil, salam hangat Helobray.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *